
Ilmu komputer (Computer Science)
adalah studi tentang prinsip-prinsip dan praktek-praktek yang mendukung
pemahaman dan pemodelan komputasi, dan aplikasi yang digunakan dalam
pengembangan sistem komputer. Pada jantungnya terletak gagasan pemikiran
komputasi: mode pemikiran yang melampaui perangkat lunak dan perangkat
keras, dan yang memberikan kerangka di mana untuk alasan tentang sistem
dan masalah. Ini cara berpikir yang didukung dan dilengkapi dengan
kerangka besar pengetahuan teoritis dan praktis, dan dengan satu set
teknik yang kuat untuk menganalisis, pemodelan dan memecahkan masalah.
Ilmu
Komputer mempelajari bagaimana komputer dan sistem komputer bekerja,
dan bagaimana mereka dirancang dan diprogram. Siswa yang mempelajari
komputasi mendapatkan wawasan ke dalam sistem komputasi dari segala
jenis, apakah atau tidak mereka termasuk komputer. Berpikir komputasi
mempengaruhi bidang-bidang seperti biologi, kimia, linguistik,
psikologi, ekonomi dan statistik. Hal ini memungkinkan kita untuk
memecahkan masalah, desain sistem dan memahami kekuatan dan batas-batas
manusia dan kecerdasan mesin. Ilmu Komputer adalah keterampilan yang
memberdayakan, dan bahwa semua siswa harus menyadari dan memiliki
beberapa kompetensi. Selanjutnya, siswa yang dapat berpikir komputasi
lebih mampu untuk membuat konsep dan memahami teknologi berbasis
komputer, dan begitu juga lebih siap untuk hidup dalam masyarakat
modern. Ilmu Komputer adalah subjek praktis, di mana penemuan dan
penalaran didorong. Siswa diharapkan untuk menerapkan prinsip-prinsip
akademis mereka dan belajar untuk memahami sistem dunia nyata, dan untuk
penciptaan artefak tujuan.
Sedangkan Ilmu komputer menurut CSTA (Computer Science Teachers Association)
adalah studi tentang komputer dan proses algoritmik, termasuk
prinsip-prinsip mereka, desain hardware dan software, aplikasi, dan
dampaknya terhadap masyarakat dan mencakup unsur-unsur berikut:
pemrograman, desain hardware, jaringan, grafis, database dan pencarian
informasi, keamanan komputer, desain perangkat lunak, bahasa
pemrograman, logika, paradigma pemrograman, terjemahan antara tingkat
abstraksi, kecerdasan buatan, batas-batas komputasi (apa yang tidak bisa
dilakukan komputer), aplikasi di bidang teknologi informasi dan sistem
informasi, dan isu-isu sosial (keamanan Internet, privasi, kekayaan
intelektual, sosial media, dan sebagainya).
Contents [hide]
Ilmu Komputer Adalah Suatu Disiplin
Pendidikan
bertujuan meningkatkan kehidupan siswa serta keterampilan hidup mereka.
Ini mempersiapkan orang muda untuk dunia yang belum ada, melibatkan
teknologi yang belum ditemukan, dan bahwa tantangan teknis dan etika
sekarang yang kita belum sadar.
Untuk
melakukan hal ini, pendidikan bercita-cita terutama untuk mengajarkan
disiplin dengan nilai jangka panjang, daripada keterampilan dengan
kegunaan jangka pendek, meskipun yang terakhir tentu berguna. Disiplin”
dicirikan oleh:
- Kerangka pengetahuan, termasuk ide-ide secara luas yang berlaku dan konsep, dan kerangka teori di mana ide-ide dan konsep sesuai.
- Satu set teknik dan metode yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah, dan dalam kemajuan pengetahuan.
- Sebuah cara berpikir dan bekerja yang memberikan perspektif tentang dunia yang berbeda dari disiplin lain.
- Berumur panjang: disiplin tidak kadaluwarsa dengan cepat, meskipun adanya kemajuan subjek.
- Kemerdekaan dari teknologi tertentu, terutama mereka yang memiliki masa kadaluwarsa singkat.
Ilmu
Komputer adalah disiplin dengan semua karakteristik ini. Ilmu
Komputer mencakup prinsip-prinsip dasar (seperti teori komputasi) dan
ide-ide dan konsep-konsep (seperti penggunaan model relasional untuk
menangkap struktur data) yang berlaku secara luas. Ini menggabungkan
teknik dan metode untuk memecahkan masalah dan memajukan pengetahuan
(seperti abstraksi dan penalaran logis), dan cara berpikir dan bekerja
yang berbeda yang membedakannya dari disiplin lain (berpikir komputasi).
Memiliki umur panjang (sebagian besar ide-ide dan konsep-konsep yang
saat ini 20 atau lebih tahun yang lalu masih berlaku saat ini), dan
setiap prinsip inti dapat diajarkan atau diilustrasikan tanpa bergantung
pada penggunaan teknologi tertentu.
Ilmu Komputer Adalah Disiplin STEM
Ilmu Komputer adalah disiplin STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics – Rekayasa (Teknik), Matematika, Sains, dan Teknologi)
- Ilmu Komputer memiliki dasar teoritis sendiri dan dasar-dasar matematika, dan melibatkan penerapan logika dan penalaran.
- Ilmu Komputer mencakup pendekatan ilmiah untuk pengukuran dan eksperimen.
- Ilmu Komputer melibatkan desain, konstruksi, dan pengujian artefak tujuan.
- Ilmu Komputer membutuhkan pemahaman, apresiasi, dan penerapan berbagai teknologi.
Selain
itu, Ilmu Komputer membantu siswa dengan wawasan disiplin STEM lain,
dan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dapat diterapkan untuk
solusi dari masalah pada masing-masing disiplin tersebut.
Meskipun
disiplin STEM tidak terlihat dan tidak berwujud, sistem perangkat lunak
adalah salah satu yang terbesar dan paling kompleks yang pernah dibuat
oleh manusia. Perkawinan antara perangkat lunak dan perangkat keras yang
diperlukan untuk mewujudkan sistem berbasis komputer meningkatkan
tingkat kompleksitas, dan web kompleks yang menunjukkan hubungan antara
sistem yang berbeda. Memahami kompleksitas ini dan membawanya di bawah
kendali adalah tantangan utama dari disiplin STEM. Dalam dunia di mana
sistem berbasis komputer telah menjadi semua bagian kehidupan,
orang-orang dan masyarakat yang paling siap untuk memenuhi tantangan ini
akan memiliki keunggulan kompetitif.
Kombinasi
berpikir komputasi, prinsip komputasi, dan pendekatan komputasi untuk
pemecahan masalah merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan saat ini.
Kemampuan untuk membawa kombinasi ini untuk
menyelesaikan masalah-masalah praktis merupakan pusat keberhasilan ilmu
pengetahuan, teknik, bisnis dan perdagangan di abad 21, yang sangat
dibutuhkan seperti dalam uraian tentang kerangka kompetensi abad 21.
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Ilmu
Komputer dan Teknologi Informasi saling melengkapi, tetapi tidak sama.
Ilmu Komputer mengajarkan siswa bagaimana menjadi seorang pembuat atau
produsen alat komputasi (yaitu software), sementara TI
mengajarkan bagaimana menjadi pengguna bijaksana dari alat tersebut.
TI berfokus terlalu sempit pada komputer sebagai teknologi,
sedangkan komputasi jauh lebih luas dari itu. Lebih khusus:
- Ilmu Komputer adalah disiplin yang berusaha untuk memahami dan menjelajahi dunia di sekitar kita, baik alami maupun buatan, dalam hal komputasi. Ilmu Komputer adalah terutama, tetapi tidak berarti eksklusif, berkaitan dengan studi, desain, dan implementasi sistem komputer, dan memahami prinsip-prinsip yang mendasari desain ini.
- Teknologi Informasi berkaitan dengan penerapan tujuan dari sistem komputer untuk memecahkan masalah di dunia nyata, termasuk isu-isu seperti identifikasi kebutuhan bisnis, spesifikasi dan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak, dan evaluasi kegunaan. Ini adalah penggunaan yang produktif, kreatif dan eksploratif teknologi.
Kita ingin
anak-anak kita untuk memahami dan berperan aktif dalam dunia digital
yang mengelilingi mereka, tidak menjadi konsumen pasif teknologi buram
dan misterius. Sebuah pemahaman yang baik tentang konsep komputasi akan
membantu mereka melihat bagaimana untuk mendapatkan yang terbaik dari
sistem yang mereka gunakan, dan bagaimana memecahkan masalah ketika ada
sesuatu yang salah. Selain itu, warga negara yang mampu untuk berpikir
dalam hal komputasi akan mampu memahami dan rasional berdebat tentang
isu-isu yang melibatkan komputasi, seperti paten perangkat lunak,
pencurian identitas, rekayasa genetika, sistem pemungutan suara
elektronik untuk pemilihan umum, dan sebagainya. Dalam dunia yang
diliputi oleh komputasi, setiap lulusan dari sekolah harus memiliki
pemahaman komputasi.
Menutup tulisan ini, berikut beberapa kutipan dari Code.org ‘s Educational Philosophy, tentang Ilmu Komputer di Sekolah.. kami percaya bahwa:
- Siswa harus belajar mengapa ilmu komputer, bukan hanya apa dan bagaimana.
- Teknologi harus digunakan untuk memungkinkan guru untuk melakukan apa yang mereka lakukan yang terbaik, itulah sebabnya mengapa kami mempromosikan model Blended Learning (bukan hanya bagi siswa, tapi guru juga).
- Belajar ilmu komputer berguna tidak peduli apa bidang yang akan dimasuki siswa saat melanjutkan ke perguruan tinggi atau bekerja.
- Pembelajaran terbaik adalah relevan dan aktif.
- Ilmu komputer adalah kreatif dan menarik, dan Anda dapat menggunakannya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.
- Siswa beragam, baik dalam pengetahuan mereka sebelumnya dan kebutuhan mereka sebagai peserta didik. Mereka layak untuk belajar di lingkungan yang adil dan mudah diakses.
- Kegagalan adalah baik. Siswa perlu belajar bagaimana untuk bertahan dalam memecahkan masalah yang sulit.
- Tidak masalah jika Anda berusia 8 tahun, seorang guru kelas 8, atau 80 tahun; siapa pun bisa belajar ilmu komputer.
- Computer Science: A Curriculum for Schools. http://www.computingatschool.org.uk/data/uploads/ComputingCurric.pdf
- CSTA K-12 Computer Science Standards. http://csta.acm.org/Curriculum/sub/K12Standards.html
- Curriculum-Computer Science. https://code.org/educate/curriculum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar